top of page
  • Writer's pictureArithma Fajar Trilaksono

Stok Foto dan Video Gratis di Internet



Ketika saya ingin memproduksi sebuah video untuk klien, entah itu video promosi, video compro, atau video lain yang membutuhkan ilustrasi tambahan, terkadang saya membutuhkan stok foto atau footage-footage video yang spesifik, yang kadang tidak sempat dishoot, atau susah didapat. Apabila klien ada budget, bisa dilakukan shoot sesuai ilustrasi yang diinginkan, tapi tentunya butuh biaya yang tidak sedikit, karena selain memikirkan budget tim kamera, klien harus memikirkan budget untuk lokasi, talent, dll. Pilihan lain adalah dengan membeli stok-stok foto atau video profesional seperti di shutterstock, envato, dreamstime, dll yang memiliki biaya lebih rendah daripada harus melakukan shoot lagi. Pilihan lain buat project yang memiliki budget kecil adalah dengan browsing di website-website penyedia stok foto dan video gratis, berikut adalah website-website yang sering saya pakai untuk kebutuhan ilustrasi foto dan video project saya.


Pexels adalah tujuan pertama saya ketika mencari stock foto ataupun stock video untuk membantu produksi video saya, kenapa? Karena stok2 foto dan video yang ada di Pexels itu BAGUS. Orang2 yang menjadi kontributor di pexels, terlihat sangat niat dan bener2 mengedepankan aspek estetika ketika mengupload stok foto dan videonya, seakan2 memang mereka sedang paid project untuk tiap stok yang mereka kirimkan.


Website stok foto dan video kedua adalah Pixabay, keunggulan pixabay dibanding pexels adalah selain menyediakan stok foto dan video, mereka juga menyediakan stok musik, sound effect, gambar ilustrasi, bahkan gambar vector based.


3. Videvo

Berikutnya adalah Videvo, di website ini tidak terdapat stok foto, tetapi selain menyediakan stok video dan audio, di website ini juga tersedia template-template untuk berbagai program video editing seperti Premiere, After effect, dan Final Cut Pro. Template yang tersedia antara lain template titles, lower thirds, slideshow, logo reveal, dan lain-lain.


Unsplash memiliki koleksi foto resolusi tinggi yang bagus dan sangat banyak, lebih dari sejuta foto dari dua ratus ribu kontributor, ada beberapa teman saya juga yang sudah rutin mengupload karyanya ke website ini.


Selain 4 website tadi yang sudah disebutkan, ada beberapa website lain, masing2 memiliki keunikannya tersendiri, antara lain Coverr, Videezy Vidsplay dll.. Namun yang paling sering saya gunakan adalah Pexels, karena kualitasnya menurut saya paling baik.


Ketika mendownload stok foto maupun video di website-website ini, jangan lupa untuk selalu melihat term and conditions untuk licensingnya, tiap website memiliki aturan yang berbeda, ada yang bisa digunakan untuk semua project pribadi maupun komersil, ada yang memerlukan license tambahan apabila stok yang tersedia digunakan untuk project komersil. Namun aturan yang biasanya tertera, adalah larangan untuk menjual kembali stok foto dan video yang ada di website itu, ataupun meuploadnya kembali di website stok foto dan video lain.


Website-website penyedia stok gratis yang sudah disebutkan di blog ini juga mempunyai kekurangan, misal stok foto/video yang tersedia tidak lengkap, durasi video yang kurang lama, atau kualitasnya hanya HD. Untuk penyedia stok yang lebih berkualitas, pilihan website stok berbayar selalu menjadi solusi yang lebih baik, apabila ada dana yang sudah disiapkan untuk project2mu. Kelemahan lain dari website-website tersebut adalah kurangnya stok foto dan video lokal, dengan wajah lokal Asia atau Indonesia, atau settingan lokasi lokal. Apabila klien membutuhkan ilustrasi yang lebih personal, tidak ada jalan lain selain melakukan shoot sesuai keinginan klien. Bagi anda yang membutuhkan jasa foto atau video untuk perusahaan anda, bisa hubungi saya ya!




Jakarta Photographer & Videographer

www.aftrilaksono.com

+6281511107128

ole@aftrilaksono.com

IG : @af.trilaksono




17 views0 comments

Recent Posts

See All

© 2019 by Arithma Fajar Trilaksono

  • Grey YouTube Icon
  • Grey Instagram Icon
bottom of page